BELAJAR PEMROGRAMAN PART 2 ~ PENGERTIAN FLOWCHART | FLOWCHART BILANGAN GANJIL GENAP | PROGRAM BILANGAN GANJIL GENAP - CoiNews

DAILY ALL NEWS OF CRYPTO

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, February 25, 2017

BELAJAR PEMROGRAMAN PART 2 ~ PENGERTIAN FLOWCHART | FLOWCHART BILANGAN GANJIL GENAP | PROGRAM BILANGAN GANJIL GENAP

Selamat datang di Altekinfo.com, Kali ini saya akan melanjutkan BELAJAR PEMROGRAM PART 1 yaitu dengan judul BELAJAR PEMROGRAMAN PART 2 (masa sih pak!).


Oke langsung saja kali ini saya akan memberikan materi Flowchart
Untuk apa belajar flowchat? tentu flowchart bisa memudahkan kita dalam membuat program
Apa itu Flowchart (diagram alir)?
menurut wikipedia :

Flowchart adalah

penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program.

PEDOMAN PEMBUATAN FLOWCHART
1.       Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
2.       Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
3.       Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
4.       Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja, misalkan MENGHITUNG PAJAK PENJUALAN.
5.       Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar
6.       Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
7.       Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.

Contoh agar lebih paham:
Flowchart Ganjil genap (Paling Sederhana)


seperti itulah penampakan flowchart ganjil genap
Lalu langkah selanjutnya adalah kita membuat program dengan bantuan flowchat diatas
sesuai pedoman flowchart dan apa yang sudah dipelajari pada BELAJAR PEMROGRAMAN PART 1, beginilah hasil akhir programya

#include <iostream.h> 
using namespace std;
main ()
{
    int bil;
    cout<<"Masukkan bilangan : ";
    cin>>bil;
    if (bil % 2==0)
        cout<<"Bilangan "<<bil<<" adalah bilangan genap"<<endl;
    else
        cout<<"Bilangan "<<bil<<" adalah bilangan ganjil"<<endl;
    system("pause");
    return 0;
}

Oke Cukup sekian dulu pada part 2 terimakasih atas kunjunganya, follow untuk mendapat informasi tentang part 3 nya
Sampai Jumpa

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here